Jumat, 06 November 2009

Persewangi



Persewangi Bekuk Perseta


BANYUWANGI - Persewangi Banyuwangi sukses meraih poin penuh dalam laga perdana grup G babak kedua kompetisi Divisi II PSSI kemarin sore (5/11). Mereka mengalahkan Perseta Tulungagung 3-0 (2-0) dalam pertandingan di Stadion Diponegoro, Banyuwangi.

Tiga gol Persewangi dicetak Raul Setiawan dari titik putih (33'), Syaiful (44'), dan Riki Manopo (61'). Hasil tersebut sekaligus menempatkan tim besutan Hendrik Montolalu itu di urutan pertama daftar klasemen sementara grup G.

Dalam pertandingan yang dipimpin wasit M. Yasin, asal Mataram, tersebut, dua tim itu langsung memperagakan permainan menyerang. The Lasblang yang ngotot merebut kemenangan perdana langsung tampil menggebrak.

Sejumlah peluang diperoleh di depan gawang Perseta yang dikawal Julianto. Sayang, barisan depan Persewangi yang kurang tenang dalam penyelesaian akhir membuat sejumlah peluang gol dengan mudah dimentahkan barisan pertahanan Perseta.

Situasi itu membuat Pelatih Hendrik Montolalu melakukan sedikit perubahan pada lini tengah. M. Purwadi ditarik keluar pada menit ke-21. Raul Setiawan masuk sebagai pengatur serangan skuad merah hitam tersebut.

Upaya itu membuahkan hasil. Pelanggaran pemain belakang Perseta terhadap Syaiful di kotak penalti membuahkan bonus tendangan penalti bagi kubu Persewangi. Raul yang ditunjuk sebagai algojo sukses menyarangkan bola ke jala gawang Perseta.

Leading satu gol membuat Achmad Zainul Arief dkk bermain semakin rileks. Ketenangan itu terbayar lunas pada menit ke-44. Umpan crossing Mastum dari sisi kiri pertahanan Perseta diteruskan Frengky dengan sundulan ke tiang jauh. Syaiful yang berdiri bebas dengan gerakan diving langsung menyundul bola sampai menembus gawang Perseta.

Memasuki babak kedua, Persewangi yang unggul dua gol mengendurkan serangan. Meski demikian, Persewangi berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-61. Berawal dari tusukan Amran di sisi kanan pertahanan Perseta, bola diumpan lambung ke kotak penalti lawan.

Dengan gerakan akrobatik, Riki Manopo yang berdiri bebas langsung mengarahkan bola ke gawang Perseta. Bola yang melambung langsung mengenai tiang sisi kiri gawang Perseta. Bola kemudian memantul melintasi garis gawang. Wasit yang melihat kejadian tersebut langsung menunjuk titik lapangan tengah pertanda terjadinya gol.

Keputusan wasit yang mengesahkan gol tersebut diprotes kubu Laskar Badai Selatan. Mereka menilai, bola belum melewati batas garis gawang. "Wasit gimana itu? Belum lewati garis," ujar Mecky Tata, pelatih Perseta. Namun, protes tersebut tidak membuat wasit Yasin goyah. Dia tetap mengesahkan tendangan Riki sebagai gol. (nic/jpnn/ko/Jawa Pos)

Tidak ada komentar: